Self love itu enggak perlu mahal cukp lakukan hal ini.


Self love itu enggak perlu mahal cukup lakukan hal ini. Self love atau mencintai diri sendiri adalah bentuk rasa sayang kita untuk diri sendiri. Self love diperlukan agar kita lebih bisa menghargai diri sendiri, lebih mencintai diri sendiri dan tentu lebih peka terhadap kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Belakangan self love memang santer dibincangkan oleh berbagai kalangan, termasuk kalangan anak muda generasi gen Z. Namun, entah kenapa belakang self love yang seharusnya menjadi reward untuk diri sendiri malah terkesan memaksakan dan hedon.

Beberapa orang memakanai self love  secara berlebihan, dengan cara membeli barang mahal, liburan mewah dan melakukan hal lain yang diluar batas kemampuannya sendiri. Bukan malah menjadi bahagia, self lovenya untuk diri sendiri yang berlebihan malah membuat dirinya menanggung derita selama berbulan-bulan lamanya karena menanggung cicilan yang tidak perlu dengan dalih self love.

Mencintai diri sendiri itu perlu dan enggak perlu mahal karena bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana, seperti :

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Setiap hari terkadang kita terjebak dalam rutinitas yang padat dari pagi sampai malam, bahkan kadang di rumah juga harus bergadang sampai kurang tidur. Selain itu kita juga jarang sekali melakukan olah raga dan makan makanan sehat.

Cobalah belajar menerapkan Pola hidup sehat sebagai bentuk mencintai dirimu sendiri, tidak perlu berubah terlalu ekstream. Minimal lakukanlah satu perubahan kecil yang konsisten dari waktu  ke waktu. Kemudian setelah kebiasaan baik yang baru ini sudah menjadi kebiasaan tambahkan lagi dengan kebiasaan  baik lainnya.

Misalkan, minggu ini kita mulai menerapkan kebiasaan minum air putih 2 liter sehari. Setelah terbiasa, mulai dengan hal baru seperti sarapan dengan makanan sehat minimal 1 hari sekali.

Memang bagi yang baru menerapkan hidup sehat rasanya mungkin sedikit menyiksa, tapi setelah benar-benar diterapkan maka ini akan merubah hidupmu secara signifikan. Menjadi lebih bahagia dan sehat tentunya.

Merawat diri

Bagi sebagian wanita masih ada juga loh yang mengabaikan perawatan diri, buat yang enggak suka ke salon bisa melakukan perawatan diri dirumah. Apalagi sekarang sudah banyak produk keantikan yang di jual bebas jadi kamu bisa memakainya sendiri di rumah.

Merawat diri merupakan bentuk self love paling mendasar, bagaimana kita berterimakasih terhadap tubuh kita setelah selama ini lelah bekerja dan berjuang untuk mimpi-mimpi kita. Kamu bisa merawat diri sebagai bentuk self love setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali. 

Lakukan hal sederhana seperti  merawat diri, menggunakan make up yang pantas, mengenakan pakaian yang rapih bisa menjadi self love sederhana yang bisa kamu lakukan.


Melakukan hal yang disukai

Salah satu self love yang bisa dilakukan adalah melakukan hal  kecil yang disukai, seperti membaca buku, mendengarkan musik, menikmati secangkir teh atau kopi. Atau kamu juga bisa melakukan hobimu seperti menonton, berolah raga atau apapun.

Akan tetapi meskipun kamu menyukainya pastikan kamu tidak melakukannya berlebihan ya apalagi sampai mengganggu aktifitas lainnya.


Memaafkan diri sendiri

Pernahkah kita merasa benci terhadap diri sendiri, merasa selalu terbayang-bayang kesalahan yang kita lakukan dulu dan sulit sekali maafkannya. Kalau kamu merasa seperti ini sebaiknya mulailah memaafkan diri sendiri dan berusaha memafkannya.

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya. Bahkan orang terhebat di dunia juga pernah melakukan kesalahan. Maka maafkanlah dirimu sendiri, dan belajar dari kesalahan yang pernah dibuat agar tidak terulang lagi.

Memaafkan diri sendiri juga merupakan bentuk self love yang paling dasar, dimana kamu menerima kekurangan yang ada padamu dan memaafkannya. Dengan begitu kamu bisa kembali berjalan tanpa perlu dihantui rasa bersalah, kekecewaaan dan penyesalah dimasa lampu.

Dengan begitu kamu bisa melihat sisi lain didirimu yang bisa kamu kembangkan dan membantumu menjadi orang yang lebih baik.


Berani Bilang Tidak

Sejak kecil mungkin kita sering sekali diajarkan untuk mengalah dan berbagai dengan orang lain, diajari bagaimana bersikap empati pada orang lain. Namun jujur saja jarang ada orang tua yang mengajarkan anak untuk mempertahankan yang menjadi haknya.

Akhirnya anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri. Dipaksa selalu mengalah dan akhirnya merasa tidak enak untuk berkata tidak untuk permintaan orang lain. Dan anak-anak tumbuh menjadi orang dewasa yang merasa selalu tidak enak dan tidak tau batasan.

Setiap permintaan orang lain tidak pernah bisa ditolak meskipun terkadang itu menyusahkan bahkan merugikan dirinya sendiri, hanya karena tidak bisa menolak.

Bersikap baik dan membantu orang lain yang membutuhkan memang salah satu sikap mulia, namun tentu yang perlu diperhatikan adalah kamu juga harus memikirkan diirmu sediri.

Tidak mengapa mengatakan tidak kepada orang lain jika memang permintaannya terlalu memberatkanmu atau kamu fikir kamu tidak bisa membantunya. Sampaikan dengan baik, dengan bahasa yang sopan. Mulai sekarang kamu juga harus menjaga dan berani berkata tidak untuk kebaikanmu sendiri.


Menemukan Mimpimu

Dewasa ini banyak sekali orang yang jika ditanya tentang mimpinya mereka merasa kebingungan. Ya, bingung dengan hidupnya yang mau dibawa kemana, dan belum menemukan tujuan hidupnya. Bahkan selama ini mereka hanya menjalani kehidupan yang ada di depan mereka tanpa pernah memikirkan apa sebenarnya mimpi mereka ? apa tujuan hidup mereka.

Menemukan mimpi memang bukan hal yang mudah dilakukan oleh setiap orang. Mereka harus benar-benar menggali dirinya sendiri, bertanya dan menelaah dengan seksama apa sebenarnya yang dia inginkan, ingin menjadi apa mereka nanti, apa yang mereka harapkan di kehidupan mereka 10 sampai 20 tahun ke depan.

Mereka yang memiliki mimpi dalam hidupnya akan hidup dengan perjuangan dalam setiap langkahnya. Mereka yang berusaha mewujudkan mimpinya tidak akan merasakan kekosongan hidup karena tidak tau apa yang harus mereka lakukan.

Ini juga merupakan salah satu bentuk self love karena dengan begitu kamu membuat hidupmu lebih berarti.

Menurut kamu kira-kira self love apa yang bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal ? tulis di kolom komentar ya.

---------------------------------------------
Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram
Baca Juga