Apa sih PUEBI dan KKBI itu ?


Apa sih PUEBI dan KKBI itu ? Didunia literasi kita sering sekali mendengar istilah PUEBI dan KBBI ya. Sedikit-sedikit disinggung, kata itu sebaiknya mengikuti PUEBI dan KBBI.  Saat awal-awal menulis aku juga masih bingung apa sih PUEBI itu, fungsinya apa ? selain itu ada juga istilah KBBI yang sama bikin pusingnya.

Oleh karena itu, yuk kita belajar bersama sedikit-demi sedikit mengenai PUEBI dan KBBI, semoga dengan tulisan ini bisa membantu kamu ya.

Pengertian PUEBI dan fungsinya

PUEBI singkatan dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Merupakan sebuah acuan atau pedoman dalam penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Seperti yang kita tau bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa yang setiap penduduknya dari sabang sampai merauke mengerti bahasa ini.

Dan tentu saja bahasa digunakan bukan hanya untuk keperluan komunikasi lisan, namun juga tertulis. Sehingga pemerintah melalui Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomo 50 tahun 2015 tentang pedoman umum ejaan bahasa Indonesia menetapkan pedoman untuk penulisan bahasa Indonesia.

Jadi jika kita menulis naskah, surat, esai, cerpen, puisi, artikel atau jenis tulisan lain yang menggunakan bahasa Indonesia maka sebaiknya mengikuti kaidah penulisan yang baik dan benar sesuai dengan PUEBI.

Adapun yang termasuk dalam kaidah PUEBI meliputi, kata baku dan tidak baku, imbuhan bahasa Indonesia, Imbuhan serapan bahasa asing, imbuhan berpartikel dan lainnya.

Jujur aku pribadi masih berproses untuk menjadi penulis yang baik dan benar, dan masih perlu banyak belajar.

 

Pengertian KBBI dan fungsinya

Sedangkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kamus ekabahasa resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Badang Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka.

Fungsi KBBI sendiri bagi penulis adalah untuk memperkaya bendahara kosakata. Selain itu juga di zaman sekarang akses komunikasi dan informasi begitu mudah tersebar, sehingga menyebabkan kita juga ikut berinteraksi dengan bahasa lain selain bahasa Indonesia. Sehingga terkadang menyebabkan kerancuan bahasa, apakah kata yang kita gunakan itu benar-benar berasal dari bahasa ibu atau merupakan bahasa serapan atau bahkan bahasa asing.

Selain itu terkadang juga kita sering kali mengalami kesalahan dalam penulisan kata, jadi KBBI ini sangat penting untuk mengecek kata di dalam tulisan kita apakah sudai sesuai dengan KBBI dan PUEBI.

Contoh kecil, selama ini kita sering kali menggunakan kata

  • Hapal    seharusnya >> Hafal
  • Hoax >> Hoaks
  • Lahat >> Lahad
  • Nasehat >> Nasihat

Dan masih banyak lagi kata lainnya yang sudah sering kita ucapkan namun ternyata kita masih salah dalam penulisannya.

Menurut kalian kata apa lagi yang kita sering kita ucapkan namun ternyata kita masih keliru dalam penulisannya ? komentar di bawah ini ya.

 

---------------------------------------------
Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram

 


Baca Juga