Catatan ini dibuat persis di tangal 31 Desember 2022, sambil menunggu beberapa jam lagi menunggu pergantian tahun. Anak-anak sedang tidur karena tadi siang kami bermain di Pantai. Jadi, bersyukur bisa menulis dengan tenang.





Catatanku di Tahun 2022, ada banyak yang menjadi highlight dalam hidupku tahun ini. Ada banyak hal yang berubah, tapi sejujurnya aku merasa senang dan bahagia menutup tahun ini. setelah melewati bulan-bulan yang berat dan penuh derai air mata di awal tahun.

Tahun ini ada banyak sekali cobaan yang muncul dari berbagai sisi,  tapi entah benar atau tidak jalan yang kutempuh saat ini, setidaknya aku merasa jadi lebih tenang. Dan semoga saja memang persoalan itu benar-benar menghilang dan jangan pernah kembali.

Karena aku sendiri sekarang menjadi semakin tenang, aku jadi tau apa yang aku inginkan dalam hidup dan mulai fokus disana.

Setelah bertahun-tahun hanya berkutik didunia kepenulisan blog, dan membuat beberapa cerita antologi di penerbit indie. Meskipun jumlahnya sudah lebih dari 7 buku, tapi tetap saja bagiku kurang terasa bangga karena sifatnya bukan lomba atau seleksi.

Dan ditahun ini, aku berhasil menerbitkan buku dipenerbit semi mayor dan itu adalah menjadi titik semangat terbaruku. Aku juga mulai mencoba menulis di media online dan ikut lomba, dan berkesempatan ikut kelas menulis salah satu penerbit mayor yaitu Gramedia. Rencananya kelas ini juga akan menerbitkan sebuah buku untuk perpustakaan Nasioanal, semoga saja buku ini juga terbit di toko buku. Sehingga bisa jadi cerpen pertamaku di penerbit mayor.

Aku juga diterima sebagai seorang penulis freelance di salah satu penerbit. Meskipun memang tidak sesuai dengan yang aku harapkan awalnya, tapi semoga aku bisa menimba banyak ilmu disini.

KARYA DI TAHUN 2022

Alhamdulillah, di Tahun ini aku berhasil menulis 6 Buku :

  • 2 Buku fiksi ; Romantika Cinta Pertama & Aku kau dan Dia.
  • 2 Buku Non Fiksi ; Jangan membanding-bandingkan & Kumpulan kisah inspirasi dan quotes pembangun jiwa.
  • 1 Buku non fiksi antologi di Stilleto Book, “ Duduk sebentar, sembuh itu butuh waktu” ( Proses terbit, rencana tangal 21 Januari 2022)
  • 1 Buku Anak, “ Meskipun Berbeda, Tetap Berteman, Ya!” ( Proses Terbit )
  • 1 Buku antologi dari GWP, ( Masih dalam proses penulisan.

Dan seharusnya ada buku solo juga yang tebit tahun ini, tapi Qodarullah berhenti ditengah jalan karena miss komunikasi dengan penerbit sebelumnya. Semoga naskahnya bisa dipertemukan dengan penerbit lain tahun ini Aamiin ya Rabbla alamin.

 

GOALS YANG TERWUJUD

- Tidak ada  hahahhaha....


GOALS YANG BELUM TERWUJUD

-          Terbit Buku solo

-          Optimalisasi Adsesnse di Blog dan Youtube.

 

HAL BAIK YANG MENJADI KEBIASAAN BARU

  •           Berifikir lebih tenang
  •           Pengendalian emosi yang lebih baik
  •           Aktif menulis
  •           Aktif membaca

-           

RESOLUSI UNTUK TAHUN 2023

Ada banyak sekali harapan di tahun 2023, meskipun memang masih di awal tahun. Setidaknya aku ingin membuat rencana dan harapan untuk tahun 2023. Terlepas nanti apakah rencana dan harapan ini terwujud, tentu bergantung pada usahaku dan tentu sepenuhnya atas kehendak tuhan.

Tapi kalau boleh manusia berencana, aku ingin membuat beberapa planning seperti :

-          Membuat studio foto

-          Menerbitkan buku solo

-          Optimasi Adsens Blog dan Youtube ( hal ini belum tercapai di 2022)


Sedangkan beberapa skill yang ingin aku pelajari di 2023, adalah :

-          Editing naskah

-          Editing Foto dan video professional


Mungkin terdengar sederhana bagi sebagian orang yang memiliki list harapan yang cukup banyak, atau terlalu lebay untuk yang hidupnya tak pernah berusaha membuat target khusus. Terserah kalian, penilaian ini sepenuhnya milik kalian.

Tapi beberapa bulan ini aku sendiri sedang mempelajari LOA ( Low Of Attraction) yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, Aku sendiri merasa belum begitu faham secara detail bagai mana alam semesta ini bekerja bersinergi dengan tubuh dan fikiran kita sebagai manusia. Tapi aku pernah mengalami hal-hal yang memang benar membuktikan hokum LOA ini.

Jadi selama ini tidak merusak Aqidahku sebagai seorang muslim, aku mempercayainya tapi tentu dengan batasan agama. Bahkan beberapa filsuf malah menyelaraskannya dengan ajaran agama islam yang dianggap sama. Wallahu’alam.

Semoga di tahun 2023 nanti aku masih diberikan kesehatan, dan kelapangan waktu untuk memberikan manfaat terbaik untuk sesama manusia sesuai dengan versiku sendiri.

Semoga bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi kedepannya, Aamiin.



---------------------------------------------
Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram

 

Baca Juga