Peringati Hari Keluarga Nasional dengan Melaksanakan Aqiqah Untuk Keluarga

Sebagian dari kita mungkin jarang mendengar Hari Keluarga Nasional atau Harganas,  karena memang jarang sekali ada orang yang mensosialisasikan Hari keluarga Nasional Ini. Dan memang disetiap tanggal 29 Juni jarang sekali ada perayaan khusus untuk memperingatinya atau sekedar menjadikannya tanggal merah.

Karena walaupun sudah dicanangkan sejak tahun 1993, harganas baru mendapatkan legalitas setelah ditetapkan melalui keputusan Presiden RI No.39 tahun 2014. Namun bukan ditetapkan bukan sebagai hari libur, oleh karena itulah Harganas belum dikenal secara luas meskipun sudah lama digagas.

Meskipun begitu, bukan berarti Hari Keluarga Nasional tidak penting. Sejak ditetapkan Harganas pada 29 Juni 1993 ada banyak sekali pokok perjuangan yang ingin diwujudkan untuk masyarakat Indonesia khususnya. Dan setelah 28 tahun, Makna Peringatan Hari keluarga Nasional semakin meluas bukan hanya fokus pada kesejahteraan dan ketahanan keluarga sebagai pondasi utama bangsa. Namun juga pemenuhan hak dalam setiap anggota keluarga.

 

Peringati Hari Keluarga Nasional dengan Melaksanakan Aqiqah Untuk Keluarga

Merujuk pada Undang –Undang nomor 10 tahun 1992 dan  PP Nomor 21 tahun 1994, terdapat delapan fungsi yang dijalankan oleh suatu keluarga yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan. Dan dalam fungsi agama termasuk didalamnya dalam pelaksanaan peribadatan sesuai dengan agama masing-masing.

Dalam islam, Aqiqah hukumnya Sunnah Muakad atau sunnah yang dianjurkan bagi mereka yang mampu. Sedangkan pengertian Aqiqah adalah pengorbanan hewan dalam syariat islam, sebagai bentuk rasa syukur umat Islam terhadap bayi yang dilahirkan.

Tentu sebagai umat islam, kita sudah sangat sering mendengar istilah ini dan bisa jadi kita juga sudah melaksanakannya.

Hukum Aqiqah tertuang dalam beberapa hadist sahih, seperti :

 

عَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ الضَّبِيّ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَعَ اْلغُلاَمِ عَقِيْقَةٌ فَاَهْرِيْقُوْا عَنْهُ دَمًا وَ اَمِيْطُوْا عَنْهُ اْلاَذَى

“Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.” [Shahih Hadits Riwayat Bukhari (5472), untuk lebih lengkapnya lihat Fathul Bari (9/590-592), dan Irwaul Ghalil (1171), Syaikh Albani]

 

أَنَّ عَائِشَةَ أَخْبَرَتْهَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَهُمْ عَنْ الْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاةٌ

 “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” [Shahih, Hadits Riwayat Ahmad (2/31, 158, 251), Tirmidzi (1513), Ibnu Majah (3163), dengan sanad hasan]

 

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْنَةٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَ يُحْلَقُ وَ يُسَمَّى

Hadits Tentang Aqiqah dan PenjelasannyaDari Samurah bin Jundab dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda :

“Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [Shahih, Hadits Riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’I 7/166, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/81, dan lain-lainnya].

 

Syarat  dan Tata Cara Aqiqah

  • Aqiqah dilaksanakan pada hari ke 7, 14 atau 21 sejak kelahiran anak
  • Anak laki-laki wajib memotong 2 ekor kambing sedangkan perempuan 1 ekor
  • Setelah hewan Aqiqah disembelih, disunnahkan untuk tidak merusak atau memecah tulang hewan Aqiqah tersebut. Sebaliknya, cukup dipotong pada sendi atau ruas tulang tersebut. Hal ini sebagai harapan agar fisik si bayi selamat dan utuh. Tapi begitu, hal ini sifatnya khilaf di kalangan ulama
  • Aqiqah dimasak dengan rasa manis. Hal ini sebagai harapan atau doa agar si bayi kelak memiliki akhlak yang baik. Jadi, Aqiqah dibagikan dalam bentuk siap makan, bukan dalam bentuk daging mentah seperti halnya daging kurban.
  • Daging Aqiqah boleh dibagikan kesiapa saja, baik orang kaya maupun miskin 
  • Orang tua bayi tidak boleh memakan daging Aqiqah anak
  • Tidak boleh ada bagian  yang dijual dari hewan, baik kulit, kepala atau kaki
  • Kambing yang akan disembelih saat aqiqah memiliki kriteria yang sama dengan hewan kurban. Artinya, kambing harus berkualitas, sehat, tidak cacat, dan bebas dari segala penyakit. Usia dari hewan ternak ini minimal setengah tahun.

Pilihan aqiqah untuk keluarga Indonesia

Memiliki anak tentu menjadi anugrah bagi setiap pasangan, meskipun memang hidup tak selamanya mudah. Tapi  sesulit apapun hidup yang dijalani, jauh dalam hati orang tua tentu selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anaknya. Apalagi jika memang diberikan kemudahan rizqi, tentu rasanya  ingin memberikan semua yang terbaik untuk anak.

Aku yang terlahir sebagai seorang muslim, memiliki anak adalah anugerah sekaligus menjadi tanggung jawab yang tinggi. Karena tanggung jawab orang tua bukan hanya mendidik mereka tapi juga membimbing dan melaksanakan hak anak sesuai dengan syariat yang sudah ditetapkan.

Aqiqah adalah hak anak, jika kedua orang tuanya mampu. Seperti dikutip dalam hadist maka hukumnya sunnah muakad, atau ditekankan jika mampu. Dan Alhamdulillah, Allah memberikan kemudahan riqzi sehingga kedua anakku bisa melaksanakan aqiqah.

Waktu itu aku ingat betul, lumayan sulit mencari aqiqah yang berkualitas. Karena bukan hanya sekedar memotong kambing dan membagikannya, aku juga ingin penyelenggara aqiqah faham betul syariat aqiqah seusai ajaran islam.

Oleh karena itu penting untuk memilih tempat Aqiqah, agar ibadah yang kita jalankan bukan hanya sekedar melaksanakan tapi juga mendapatkan pahala dan sesuai syariat.

Salah satu rekomendasi Aqiqah yang bisa dipilih adalah AQIQH NURUL HAYAT.

Aqiqah Nurul Hayat solusi Mudah Melaksanakan Aqiqah Sesuai Syariat

Aqiqah Nurul Hayat dikenal sebagai “PELOPOR AQIQAH SIAP SAJI”. Berdiri tahun 2003 sebagai unit usaha pondok pesantren nurul hayat.  Sejak berdirinya Aqiqah ini, Aqiqah Nurul Hayat sudah terbukti berpengalaman, sesuai syariat, dan bernilai ibadah. Karena memang orang-orang yang terjung lansung dalam proses pelaksanaan Aqiqah adalah orang-orang pesantren yang sudah faham tentang syariat islam khususnya mengenai Aqiqah.

 

Mengapa memilih Aqiqah Nurul Hayat

  • Terbukti

Berpengalaman dan telah dipercaya puluhan ribu pelanggan. Membantu ibadah Aqiqah ummat lebih dari 3000 kambing setiap bulannya. dan terdistribusi hingga 60 kota di seluruh Indonesia.

  • Sesuai Syariat

Pilihan hewan, proses penyembelihan dan masak dijamin memenuhi syarat sahnya Aqiqah dan telah tersertifikasi HALAL dari majelis Ulama Indonesia MUI

  • Bernilai Sedekah

Aqiqah kita Insya Allah semakin berkah karena semua keuntungan penjualan digunakan untuk mendukung program dakwah dan sosial Nurul Hayat. Hanya disini Anda beraqiqah sekaligus bernilai sedekah

 

Harga Aqiqah Nurul Hayat

Harga Aqiqah Jakarta Nurul Hayat, harga paket Aqiqah kambing masak (harga perekor Kambing) sebagai berikut:

1. Platinum
Kambing Betina          :  Rp 2.930.000
Kambing Jantan          :  Rp 4.430.000
Sate                               550 tusuk
Gule                              180 porsi


2. Istimewa
Kambing Betina          :  Rp 2.580.000
Kambing Jantan          :  Rp 3.955.000
Sate                               450 tusuk
Gule                               140 porsi


3. Super
Kambing Betina          :  Rp 2.080.000
Kambing Jantan          :  Rp 3.230.000
Sate                               300 tusuk
Gule                               100 porsi


4. Puas
Kambing Betina          :  Rp 1.830.000
Kambing Jantan          :  Rp 2.955.000
Sate                               250 tusuk
Gule                               80 porsi


5. Tasyakuran
Kambing Betina          :  Rp 1.700.000
Kambing Jantan          :  -
Sate                               150 tusuk
Gule                               40 porsi

 

Lebih praktis aqiqah plus Nasi Kotak. Siap langsung diantarkan :

1. Platinum
Paket Kambing Betina              :  Rp 6.530.000
Paket Kambing Jantan              :  Rp 8.030.000
Jumlah Kotakan                          180 kotak

2. Istimewa
Paket Kambing Betina               :  Rp 5.380.000
Paket Kambing Jantan               :  Rp 6.755.000
Jumlah Kotakan                            140 kotak

3. Super
Paket Kambing Betina               :  Rp 4.080.000
Paket Kambing Jantan               :  Rp 5.230.000
Jumlah Kotakan                           100 kotak

4. Puas
Paket Kambing Betina                :  Rp 3.430.000
Paket Kambing Jantan                :  Rp 4.555.000
Jumlah Kotakan                            80 kotak

5. Tasyakuran*
Paket Kambing Betina                 :  Rp 2.500.000
Paket Kambing Jantan                 :  -
Jumlah Kotakan                             40 kotak

 * Type Tasyakuran belum memenuhi ketentuan kambing Aqiqah.

 

Menu Nasi Kotak terdiri dari :

  • Nasi putih
  • Tiga tusuk sate*
  • Sambal goreng ketang ati 
  • Satu cup gule*
  • Acar kuning
  • Sambal
  • Krupuk Udang
  • Buah pisang 
  • Alat makan (tisue, sendok, tusuk gigi)
  • Box Nasi Esklusif ukuran 22x22 cm


Catatan: *Sate dan gule dari Paket Aqiqah Kambing Masak

Sate dan gule dari Paket Aqiqah Kambing Masak (per kotak isi 3 tusuk sate dan 1 cup gule)

 

Pilihan Menu Lainnya

Sate Komoh, Sate Buntel*, Sate Pentul*, Sate Beber, Sate Daging Kelapa, Sate Meranggi, Sate Solo, Empal, Krengsengan, Lapis, Rendang, Solo Kare, Rawon, Asem-asem, Rica-rica, Bakso, Kambing Masak Wijen, Rolade Kambing*, Gulai Kacang Hijau*, Sop Kambing, Gulai, Kambing Guling*

*Ada biaya tambahan

 

Menu Olahan Jerohan Tulang

Gulai, Krengsengan, Asem-asem, Kikil, Sop, Tongseng, Tengkleng, Kare, Tumis Lada Hitam, Asam manis, Rica-rica, Masak Cabai Hijau, Tumis Jerohan Tulang Pete, Rawon.


Kantor Pusat

Telp.031.8783344, Fax.031.8782074

Perum IKIP Gunung Anyar B-48 Surabaya.

humas.nurulhayat@gmail.com

Whatsapp :087853000101

 

 AQIQAH JAKARTA TIMUR

Jalan Beton No.20 RT 001 RW 005, Kampung Ambon, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13210

WA 082260660005

LOKASI

 

AQIQAH JAKARTA PUSAT/KEMAYORAN

Jalan Letjen Suprapto no 36  Kemayoran Jakarta Pusat

Telp. (021) 21471957 / 085283370808 (WA)

LOKASI 

 

AQIQAH JAKARTA BARAT

Telp. (021) 21191404 / 08118444419 (WA)

 

Sekarang ini banyak juga yang menanyakan apakah jika saat kecil belum diakikah oleh orang tuanya, bolehkan mengaqiqahkan diri sendiri ?

Ada ulama yang mengatakan bahwa aqiqah bisa dilakukan kapan saja sampai ada kemampuan. Bahkan, seorang anak boleh mengaqiqahkan dirinya sendiri saat dewasa kelak, apabila orangtuanya tidak memiliki kemampuan untuk itu saat ia masih kecil. Jadi kalau kalian mungkin bertanya  ke orang tua ternyata belum diaqiqahkan, dan sekarang mampu membayar Aqiqah sendiri, tidak ada salahnya loh melakukan Aqiqah apalagi sekarang sudah ada Aqiqah siap saji dari Aqiqah Nurul Hayat.

Instagram : @aqiqaahnurulhayat

Facebook : Aqiqah Nurul Hayat

Website : https://aqiqahnurulhayat.com/

Terimakasih sudah membaca postingan ini, semoga bermanfaat.

Salam

 

 


Testimoni










Referensi

https://dalamislam.com/hukum-islam/hukum-aqiqah-dalam-islam

https://duniapesantren.com/pengertian-aqiqah/

 

 

Baca Juga