Bund,

Ngomongin politik, ekonomi, dan bisnis rasanya mayoritas perempuan cendrung mundur dari pembahasan ini. Meskipun ya tidak sedikit juga perempuan yang aktif bahkan terjun langsung. Tapi kebanyakan dari kita menganggap ini topik yang kurang menarik.

Padahal perempuan khususnya ibu rumah tangga adalah orang pertama yang terkena dampak ketika tejadi krisis ekonomi baik sekala kecil maupun besar. contoh kecilnya yang kita rasakan adalah kenaikan bahan pangan.

sumber gambar :shutterstock.com

Dan disisi lain, karena ketidak tertarikan dan ilmu pada perempuan sebagai seorang ibu terhadap kasus ini. Banyak juga akhirnya generasi muda yang tumbuh tanpa menggap isu ini penting. Padahal mereka adalah generasi penerus bangsa.

kebanyakan dari mereka akhirnya tertarik pada tren tren yang kurang berfaedah daripada memanfaatkan waktunya untuk mulai mengeksplore diri dan membangun bisnis sejak dini.

Sedangkan indonesia saat ini Indonesia sedang mengalami bonus demografi yaitu kondisi yang mana penduduk berusia produktif lebih banyak daripada penduduk usia tidak produktif. Berdasarkan data tadi, angka ketergantungan (dependency ratio) penduduk Indonesia pada tahun 2045 diperkirakan sebesar 53,35% yang berarti 100 penduduk usia produktif menanggung beban 54 penduduk usia tidak produktif.

hal ini tentu sangat disayangkan jika penduduk usia produktif tersebut tidak dibekali dengan ilmu dan skill tentunya. ilmu yang dimaksud bukan hanya terfokus pada ilmu bidang studi tapi juga pengembangan diri, bisnis, keuangan, ekonomi dan sebagainnya. 

Apalagi ilmu -ilmu seperti ini tidak akan didapatkan dari sekolah manapun. oleh karena itu sebagai orang tua, meskipun mungkin dengan pengetahuan yang terbatas kita setidaknya mampu merangsang fikiran anak kita tehadap isu isu mengenai hal tersebut.

Atau kita juga bisa ikut mencari tahu bersama dengan mengikuti program program yang membahas tentang bisnis dan ekonomi. Dan salah satu program yang bisa kita ikuti adalah Fortune Indonesia Summit.



Tahun ini, FORTUNE Indonesia akan menyelenggarakan FORTUNE Indonesia Summit untuk pertama kalinya. FORTUNE Indonesia Summit akan menjadi platform yang melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia. Diadakan selama 2 hari, yaitu 18-19 Mei 2022 pukul 09.00-18.00 WIB di The Westin, Jakarta.

FORTUNE Indonesia Summit 2022 akan mengangkat tiga tema besar yang dinilai dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia, yaitu impact, sustainability, dan growth. Topik yang akan diangkat pun sangat beragam, mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability. Seluruhnya akan dirangkum dalam belasan sesi talkshow serta puluhan pembicara inspiratif.

Dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022, juga akan diselenggarakan awarding session bagi sejumlah tokoh yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40. 

Dalam daftar Businessperson of the Year, ada beberapa nama besar seperti Garibaldi Thohir, CEO Adaro Energy; Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina; William Tanuwijaya, CEO Tokopedia; hingga M. Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin dan Presiden Direktur Indika Energy.


Sementara daftar 40 Under 40 memuat nama tokoh Indonesia dari berbagai sektor dengan usia di bawah 40 tahun—per 1 Februari 2022—seperti Anderson Tanoto, Managing Director RGE; Edward Tirtanata & James Prananto, Co-founder & CEO Kopi Kenangan; John Riady, CEO Lippo Karawaci & Direktur Lippo Group; Roderick Purwana, Managing Partner of East Ventures; konten kreator Arief Muhammad, dan masih banyak lagi.


Keuntungan Mengikuti Fortune Indonesia Summit

Sesuai dengan visi misi pendirinya William berharap agar kehadiran Fortune di Indonesia dapat merajut harapan dan membangkitkan optimisme akan Indonesia yang lebih maju. Tak semata-mata hadir sebagai sumber informasi bisnis yang terpercaya atau penyedia perspektif yang mendalam, kami berharap Fortune dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia: memandang jauh ke berbagai peluang, melihat kesempatan di tengah problema, dan mengubah pejuang menjadi pemenang.

dengan kata lain diharapkan kepada peserta yang mengikuti acara ini mendpatkan beberapa keuntungan seperti :

  • Membuka wawasan dan pengetahuan tentang bisnis
  • Mendapatkan perspektif baru tentang bisnis
  • Mampu menangkap peluang usaha dan menerapkannya menjadi bisnis
  • Bisa memandang satu masalah menjadi peluang
  • belajar membangun kepribadian unggul dan tangguh


Kadang saat kita membaca majalah dan koran, mendengarkan radio atau menonton TV kita sering kali menemukan orang sukses dan kita sering bertanya-tanya " Dia kerja apa  ya bisa sukses kaya gitu ?" atau " dia kok bisa sukses kaya gitu gimana ya caranya ?"

nah di Fortune Indonesia summit ini, para pelaku bisnis yang sukses di Indonesia hadir dan sharing tentang ilmu serta pengalamannya dalam membangun bisnis selama ini, jadi menurut aku rugi banget kalau enggak ikutan acara ini.

Tapi kalau kalian ternyata kehabisan tiket atau ketinggalan info kalian bisa baca info menarik tentang bisnis dan ekomoni di fortune.com. Sebagai wadah informasi yang bisa dipercaya dan memberikan informasi yang bisa membuka fikiran kita tentang bisnis dan pelau bisnis dengan lebih dekat.

siapa tau nanti kita bisa masuk dalam list 40 under 40 indonesia, sebagai pelaku bisnis yang sukses di Indonesia dibawah usia 40 tahun. Nah, jadi tidak ada kata terlambat untuk mulai mengembangkan diri menjadi seorang pebisnis. atau setidaknya sebagai seorang ibu kita memiliki ilmu untuk melahirkan pebisnis baru untuk generasi mendatang.




Baca Juga